PROFIL DESA

Batasan Desa Lombok Kulon Dengan Desa Tetangga
Batasan Desa Lombok Kulon Dengan Desa Tetangga

Profil Desa Lombok Kulon

Bondowoso – Desa Lombok Kulon merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Wonosari, Kabupaten Bondowoso. Kode pos desa Lombok kulon adalah 68282. Luas wilayah Desa Lombok Kulon 293,57 ha yang terdiri dari 6 dusun yang terdiri dari 6 RW dan 27 RT.

Desa Lombok Kulon berasal dari kata “Lombok” (cabe). Konon menurut cerita pada masa penjajahan Belanda masih merupakan hutan belantara yang ditengah hutan tersebut tumbuhlah sebuah pohon “Lombok” yang berukuran raksasa + dua pelukan orang dewasa. Jalan setapak membelah hutan ini, dari utara ke selatan dan dari timur ke barat sehingga membentuk perempatan jalan. Sesuai dengan perkembangan zaman jalan setapak ini menjadi Jalan Kabupaten pada saat ini yaitu dari arah utara (Wonosari) menuju (Tlogosari), dan dari arah Tumur ( Desa Pecalongan) menuju arah barat (Tenggarang), Pada masa itu desa Lombok Kulon menjadi tempat persinggahan sekaligus jalan pintas bagi para musafir dan pedagang menuju arah Bondowoso (DABASAH).

“Juk Demang” dikenal sebagai Tokoh pembabat desa sehingga dikenal sebagai “DESA LOMBOK KULON”

Berdasarkan data survei terakhir, jumlah penduduk desa Lombok Kulon adalah 4.674 jiwa, yang terdiri dari 2,271Pria dan 2,403 Wanita. Untuk jumlah pelajar di desa Lombok Kulon terdapat 2.288 SD, 417 SMP, 259 SMA. Banyak warga Desa Lombok Kulon yang belum bersekolah yaitu sebanyak 1.199. Terdapat beberapa orang saja yang telah lulus menempuh pendidikan diploma dan sarjana.